Senin, 07 September 2015

164. BUJUR SANGKAR BERANTAKAN

Bujur Sangkar Berantakan




Bahan/ Peralatan :
 
-          5 amplop (A, B, C, D, E) yang masing-masing amplop berisikan pecahan-pecahan tidak beraturan 5 bujur sangkar (Gambar Terlampir).
-          Sebaiknya bujur sangkar dibuat dari karton yang cukup tebal.
-          Sebuah meja untuk setiap tim kerja.

Tujuan :

  1. Peserta dapat menjelaskan faktor-faktor yang menghambat dan mendorong Kerjasama yang baik.
  2. Peserta sadar akan pentingnya mereka berusaha bekerjasama satu sama lain.
Waktu :

60-75 menit

Tempat :

Yang cukup luas untuk memuat beberapa meja / atau berlantai cukup luas

Cara Bermain :

Pengantar

Secara singkat menjelaskan perbedaan antara sama-sama kerja dan bekerjasama. Menyebut beberapa keuntungan bekerjasama. Kemudian menjelaskan bahwa dalam setiap kelompok yang terdiri dari 5 orang yang akan dibagikan satu set amplop yang berisikan kepingan-kepingan 5 bujur sangkar, bila perlu menjelaskan arti bujur sangkar.


Langkah-langkah
1.      Bahan-bahan yang perlu disiapkan :
a.       Instruksi untuk pemain (lihat terlampir)
b.      Instruksi untuk pengamat (lihat lampiran)
c.       Potongan kertas bujur sangar pecah (lihat lampiran untuk cara membuatnya)
2.      Peserta dibagi dalam kelompok kecil yang terdiri dari 5 orang dan masing-masing kelompok ada pengamat 1 atau 2 orang. Pembagian kelompok sesuai dengan jumlah peserta. Masing-masing kelompok mengambil tempat yang terpisah dan melingkar.
3.      Sebelum permainan dimulai pelatih membagi instruksi pemain dan pengamat dan menjelaskannya setelah dibaca oleh pemain dan pengamat (lihat yang berikut)
4.      Setelah semua jelas permainan dimulai. Selama permainan pelatih ikut mengamati kelompok-kelompok untuk dapat mengumpulkan kasus-kasus yang timbul.

Pembahasan
1.      Sebelum mulai pembahasan memberi keterangan bahwa hasil pengamatan bukan suatu serangan pribadi tetapi suatu kesempatan belajar.
2.      Mendengarkan laporan-laporan pengamat.
3.      Merenungkan perasaan pemain.
4.      Para pemain diajak mengeluarkan pendapat-pendapat mereka. Bila perlu pelatih, berdasarkan hasil pengamatan sendiri, dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut.
Misalnya :
-          Bagaimana perasaan saudara pada waktu harus menampung semua potongan kertas ?
-          Bagaimana perasaan saudara pada waktu melihat teman yang tidak dapat menyelesaikan tugasnya ?
-          Bagaimana melihat teman yang sibuk sendiri dan tidak mau memberikan potongan yang dibutuhkan ?
-          Bagaimana perasaan saudara kalau tidak memegang potongan kertas ?
-          Bagaimana perasaan saudara pada waktu diberi potongan yang tidak dibutuhkan, dan sebaliknya ?
-          Bagaimana perasaan saudara bila tidak bisa menyelesaikan membuat bujur sangkar ?
-          Bagaimana perasaan saudara bila telah berhasil membuat bujur sangkar ?
5.      Kasus-kasus yang muncul baik dari pengamatan maupun ungkapan-ungkapan para pemain dibahas dan ditarik dalam kesimpulan-kesimpulan yang dikaitkan dengan fungsi dan tugas peserta latihan.
(a)    Kasus : Ada peserta yang memberikan semua potongan kepada teman lain.
Kesimpulan : Bila ada orang yang tidak mau bertanggung-jawab dan melempar segalanya ke orang lain, menghambat kerjasama.
(b)    kasus : Ada peserta yang menumpuk semua potongan dan tidak mau memberikan pada orang lain.
Kesimpulan : Bila ada anggota yang menampung semua hal dan bersedia menyelesaikannya sendiri dengan tekun, menghambat kerjasama.
(c)    Kasus : Ada peserta yang puas diri setelah selesai membuat bujur sangkar, tidak memperhatikan orang lain.
Kesimpulan : Bila ada anggota yang puas dengan usaha sendiri dan tidak memperdulikan pekerjaan orang lain, menghambat kerja sama.
(d)    kasus : Ada peserta yang frustasi karena potongan yang dirasakan cocok ada di tangan orang lain, ternyata tidak diberikan
Kesimpulan : Bila ada anggota yang kurang peka terhadap kebutuhan orang lain menghambat kerjasama
(e)    Kasus : Ada peserta yang senang sekali karena menerima potongan dari temannya sesuai dengan potongan yang diinginkan.
Kesimpulan : Sebaliknya bila anggota peka dan bisa memberi sesuai dengan kebutuhan akan memperlancar kerjasama.
(f)     Kasus : Ada peserta yang melanggar berkomunikasi dengan teman lain (dengan kata atau isyarat), karena ingin sekali membantu
Kesimpulan : Bahwa di dalam kerjasama diperlukan adanya komunikasi timbal balik antar anggota.
Dan masih ada kasus-kasus lain yang muncul dan dapat ditarik kesimpulan-kesimpulan.

Kesimpulan
Setelah pembicaraan dilangsungkan dengan mengumpulkan bersama-sama prinsip-prinsip kerjasama, termasuk :
q  Memberi sesuai dengan kebutuhan. Berarti :
-  Peka terhadap apa yang dibutuhkan
-  Mempunyai sikap erbuka terhadpa orang lain.
-  Perlu mengenal dan mengakui kesulitan-kesulitan orang lain, yaitu mau membantu.
q  Harus sadar dan bersedia mengakui kemampuan rekan-rekan lain.
q  Tiap orang harus dapat memahami bagaimana dia dapat membantu ke arah pemecahan masalah.
q  Tiap orang harus mengerti masalah yang dihadapi
q  Ada komunikasi timbal balik di antara anggota
q  Ada koordinasi 


Lampiran 

Instruksi Bujur Sangkar berantakan 

Jelaskan bahwa kepada tiap kelompok akan dibagikan lima amplop yang berisi kepingan-kepingan (bujur sangkar). Tiap amplop berisi kepingan yang tidak lengkap.  

Instruksi untuk Pemain

1.      Masing-masing anggota kelompok mempunyai tugas membuat satu bujursangkar (Segiempat dengan 4 sisi yang sama panjangnya)
2.      baru dianggap selesai kalau lima bujur sangkar terbentuk, dihadapan tiap peserta satu.
3.      Semua bujur sangkar sama besarnya.
4.      Selama permainan berlangsung tidak boleh berbicara
5.      Tidak boleh minta kepingan kepada temannya, baik dengan berbicara maupun dengan isyarat (tanda)
6.      Tidak boleh mengambil kepingan temannya.
7.      Tidak boleh membantu menyusunkan bujur sangkar teman-nya
8.      Boleh memberi kepada temannya. Dan yang diberi harus menerima.
9.      Kalau memberi harus jelas, kepada siapa, jangan hanya diletakkan di tengah-tengah. Boleh memberikan bujur sangkar yang sudah jadi kepada teman-nya kalau mau.
10.  Mulai bekerja kalau sudah diberi tanda

Instruksi untuk Pengamat

Amatilah, catatlah dan laporkan apa yang terjadi dalam kelompok selama permainan berlangsung.
1.      Adakah anggota kelompok yang melanggar peraturan ? Peraturan mana yang dilanggar ? Menurut saudara kenapa peraturan itu dilanggar ?
2.      Adakah yang suka memberikan kepingannya kepada teman lain ?
3.      Adakah yang telah selesai membentuk bujur sangkarnya, lalu tidak memperdulikan kesibukan dan kesulitan orang lain ?
4.      Adakah yang sulit membentuk bujur sangakarnya sehingga menjadi gelisah, bingung, putus asa ?
5.      Adakah yang sulit membentuk bujur sangkarnya sehingga menjadi gelisah, bingung, putus asa ?
6.      Adakah anggota yang menumpuk banyak potongan dan tidak mau memberi kepada teman lain lagi ?
7.      Adakah anggota yang tidak mempunyai potongan sama sekali sehingga mengganggu ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar