Jumat, 22 Mei 2015

100. MENGISI BULATAN



Mengisi Bulatan

Nama Permainan :  "Mengisi Bulatan"
Klasifikasi Permainan :  Team Work
Bahan/ Peralatan :
-     Formulir yang berisi gambar bulatan-bulatan
(contoh terlampir)
-     Kertas besar dan spidol atau
-     Papan tulis dan kapur.
Pengantar :
Sebagai seorang yang bekerja dan berkecimpung dalam program-program pengembangan, kita sering menemui banyak masalah-masalah sosial. Ada kalanya, masalah itu menuntut pemecahan dalam waktu yang realtif singkat. Untuk itu, dibutuhkan cara berpikir yang cepat dan kreatif. Dengan latihan seperti di bawah ini diharapkan Peserta dapat meningkatkan kecepatan berfikir dan kreatifitas.
Cara Bermain :
·         Instruktur membagikan formulir yang telah dipersiapkan kepada para peserta dalam keadaan tertutup. Peserta tidak boleh menyentuh formulir sebelum ada instruksi
·         Instruktur memberi tanda agar peserta mulia mengerjakan. Peserta harus mengisi bulatan-bulatan tersebut dengan nama benda yang berbentuk bulat, contoh : bola dengan secepat mungkin.
·         Kurang lebih 10 menit kemudian instruktur memberi tanda agar peserta berhenti mengerjakan.
 

Pembahasan
Instruktur bertanya:
1. Siapa yang dapat mengerjakan kurang dari 5? Mengapa ?
2. Siapa yang dapat mengerjakan kurang dari 6 – 10 ? Mengapa ?
3. Siapa yang dapat mengerjakan kurang dari 11 – 15 ? Mengapa ?
4. Siapa yang dapat mengerjakan kurang dari 16 – 20 ? Mengapa ?

Kesimpulan
Pentingnya berfikir cepat dan kreatif untuk memecahkan masalah-masalah yang ada dalam masyarakat. Proses tersebut akan dipercepat kalau kita dapat menemukan suatu sistematika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar