Rabu, 03 Agustus 2016

67. BERFIKIR CEPAT

BERFIKIR CEPAT



Bahan/ Peralatan : -

Cara Bermain :
  • Permainan ini mengajak peserta berfikir cepat untuk menyebutkan suatu benda yang dimulai dengan huruf-huruf tertentu.
  • Fasilitator meminta para peserta berdiri membentuk suatu lingkaran. Setelah para peserta berdiri membentuk suatu lingkaran, fasilitator menjelaskan bahwa mereka akan bermain yang menuntut mereka berfikir dengan cepat.
  • Seorang relawan diminta berdiri di tengah lingkaran dan menjadi pemimpin permainan. Relawan itu ditutup matanya selama ia menjadi pemimpin permainan.
  • Fasilitator kemudian memberi suatu benda kecil, misalnya bola tenis, kepada salah satu seorang peserta dan memberitahukan kepada semua peserta bahwa ketika pemimpin permainan mengucapkan aba-aba “mulai!”, peserta yang memegang benda itu menyerahkan benda itu kepada peserta di samping kanannya.
  • Saat pemimpin memberikan aba-aba “stop!”, dan menyebutkan salah satu huruf, peserta yang sedang memegang benda itu harus menyebutkan tiga nama suatu benda yang dimulai dengan huruf yang disebutkan oleh pemimpin permainan. Misalnya, jika pemimpin meneriakkan huruf “B”, peserta kemudian menyebutkan benda seperti “bola”, “baki”, “becak”.
  • Jika peserta dapat menyebutkan tiga nama benda tidak lebih dari lima detik (atau hitungan sampai lima atau sepuluh), permainan dilanjutkan dengan pimpinan yang tetap. Jika peserta tidak dapat menyebutkan tiga nama benda, ia dijadikan pimpinan permainan. Permainan dapat dilangsung-kan selama kira-kira lima hingga sepuluh menit.

Variasi

·      Fasilitator dapat menjadi pemimpin permainan dan menginstruksikan kepada setiap peserta yang tidak mampu menyebutkan tiga nama benda untuk keluar dari lingkaran (tidak boleh ikut serta dalam permainan), sehingga makin lama makin sedikit pesertanya. Peserta terakhir yang dapat menyebutkan tiga nama benda dengan cepat dan tepat adalah pemenangnya.
·      Fasilitator dapat memimpin permainan ini dengan mengguna-kan musik. Saat musik mulai, para peserta mulai mengalihkan benda yang dipegang kepada peserta di samping kanannya. Fasilitator kemudian menghentikan musik dan menyebutkan huruf tertentu. Peserta yang sedang memegang benda harus menyebutkan tiga nama benda yang dimulai dengan huruf yang disebutkan fasilitator dalam lima atau sepuluh detik. Jika peserta tidak mampu menyebutkan tiga nama benda, ia keluar dari lingkaran, dan fasilitator memulai/ menghidupkan musik lagi.
·      Fasilitator dapat memberikan aturan tambahan, bahwa peserta yang menyebutkan nama benda yang pernah disebutkan peserta lain sebagai kekeliruan atau peserta dilarang menyebutkan nama benda yang pernah disebutkan terdahulu.
·      Jika kelompok terdiri lebih dari dua puluh peserta, fasilitator dapat membaginya dalam dua kelompok, yang bermain secara bersamaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar